PROMOTING
PRIMARY AND SECONDARY MATHEMATICAL THINKING THROUGH THE SERIES OF SCHOOL-BASED
LESSON STUDY ACTIVITIES
By
Dr. Marsigit
Department of Mathematics Education, Faculty of
Mathematics and Science,
The Yogyakarta State University
Reviewed by: Seto Marsudi
(09301241009)
Serangkaian kegiatan Lesson Study dapat dianggap sebagai merupakan
serangkaian kegiatan budaya yang diselenggarakan dilakukan oleh guru atau
kelompok guru untuk mempromosikan pemikiran matematika anak-anak. Banyak kegiatan kelompok kecil
yang fleksibel dan tidak memiliki titik akhir yang jelas, ditentukan oleh guru.
Namun, diskusi kelompok kecil menawarkan konteks yang menarik untuk
mengeksplorasi partisipasi dari anak-anak yang berinteraksi antara yang lain dalam berpikir
secara alami terjadilah pemikiran
yang terbuka. Secara umum, ketika
sebuah tugas memiliki titik akhir
yang jelas, telah diasumsikan bahwa anak-anak berpikir menuju titik itu.
Serangkaian studi ini secara khusus tertarik pada sikap dan metode dimana siswa mengembangkan pemikiran matematis untuk
belajar matematika. Pengalaman menunjukkan bahwa guru dapat menggunakan Lesson
Study untuk mempromosikan pemikiran matematika. Guru dianggap sebagai subjek
penelitian serta menjadi peneliti. Dengan mengajukan perencanaan, melakukan dan
melihat, studi diharapkan untuk mengungkap aspek pemikiran matematika siswa.
Pelajaran studi tim terdiri dari 4 guru kelas dan guru kelas 5 Sekolah
Dasar dan 8 guru kelas Sekolah Menengah Pertama yang bekerja di tiga sekolah
yang berbeda: SD MIN I Yogyakarta, SD Percobaan Bulaksumur Yogyakrta dan SMP N II Depok
Yogyakarta. Peneliti memfasilitasi guru untuk memberikan perspektif dan
pandangan yang lebih luas dari isu-isu serta untuk melayani sebagai komentator
luar, evaluator, atau penasihat luar. Peneliti menekankan bahwa guru-guru yang
dipilih harus datang dengan pola pikir menjadi seorang pelajar dan siap untuk
berbagi dan untuk mengkomunikasikan berbagai temuannya. Peneliti dan guru yang dipilih membangun komunikasi
yang terbuka dan menetapkan jadwal yg teratur untuk kegiatan terkait.
Bukti-bukti menunjukkan bahwa, dalam jangka waktu pendekatan yang realistis, berpikir matematika dapat dilakukan melalui mengidentifikasi atau menjelaskan matematika tertentu, menskemakan, merumuskan dan visualisasi masalah dalam cara yang berbeda, hubungan menemukan, keteraturan menemukan, mengenali aspek isomorfis dalam masalah yang berbeda; mentransfer masalah di dunia nyata untuk masalah matematika. Berpikir matematika selalu dimulai ketika guru mengajukan masalah yang telah disiapkan yang ditulis dalam Lembar Kerja. Para siswa mengembangkan pengetahuan pra-syarat mereka untuk melakukan pemikiran matematika. Para siswa mengembangkan cara yang berbeda untuk melakukan pembentukan skema, merumuskan dan memvisualisasikan. Rangkaian kalimat yang dihasilkan oleh kelompok menunjukkan kematematikaan horisontal yang pertama kemudian diikuti oleh kematematikaan vertikal. Dalam melaksanakan kematematikaan vertikal siswa membutuhkan bantuan dari guru.
Ada banyak cara dimana siswa mengidealisasikan konsep geometris. Pemikiran induktif siswa yang terlibat konkretisasi, abstraksi dan metode di bidang pembentukan dan pemahaman masalah. Ketika siswa, mereka yang telah mengenal konsep-konsep tertentu, dipacu untuk melakukan berpikir induktif mereka cenderung untuk menegaskan kembali konsep-konsep mereka. Berpikir induktif tersebar dari kegiatan awal sampai akhir ketika siswa dipacu untuk melakukannya. Pemikiran induktif siswa juga terkait dengan perspektif membangun di mana siswa digunakan model yang konkret untuk mencari total luas silinder tegak melingkar dan menguraikan model silinder tegak melingkar menjadi komponen-komponennya: dua lingkaran kongruen dan satu lonjong. Organisasi logis dari konsep matematika yang terjadi dalam semua konteks metode matematika: idealisasi, abstraksi, deduksi, induksi dan penyederhanaan. Masalah pembentukan dan pemahaman muncul ketika siswa mengamati model matematika.
Bukti-bukti menunjukkan bahwa, dalam jangka waktu pendekatan yang realistis, berpikir matematika dapat dilakukan melalui mengidentifikasi atau menjelaskan matematika tertentu, menskemakan, merumuskan dan visualisasi masalah dalam cara yang berbeda, hubungan menemukan, keteraturan menemukan, mengenali aspek isomorfis dalam masalah yang berbeda; mentransfer masalah di dunia nyata untuk masalah matematika. Berpikir matematika selalu dimulai ketika guru mengajukan masalah yang telah disiapkan yang ditulis dalam Lembar Kerja. Para siswa mengembangkan pengetahuan pra-syarat mereka untuk melakukan pemikiran matematika. Para siswa mengembangkan cara yang berbeda untuk melakukan pembentukan skema, merumuskan dan memvisualisasikan. Rangkaian kalimat yang dihasilkan oleh kelompok menunjukkan kematematikaan horisontal yang pertama kemudian diikuti oleh kematematikaan vertikal. Dalam melaksanakan kematematikaan vertikal siswa membutuhkan bantuan dari guru.
Ada banyak cara dimana siswa mengidealisasikan konsep geometris. Pemikiran induktif siswa yang terlibat konkretisasi, abstraksi dan metode di bidang pembentukan dan pemahaman masalah. Ketika siswa, mereka yang telah mengenal konsep-konsep tertentu, dipacu untuk melakukan berpikir induktif mereka cenderung untuk menegaskan kembali konsep-konsep mereka. Berpikir induktif tersebar dari kegiatan awal sampai akhir ketika siswa dipacu untuk melakukannya. Pemikiran induktif siswa juga terkait dengan perspektif membangun di mana siswa digunakan model yang konkret untuk mencari total luas silinder tegak melingkar dan menguraikan model silinder tegak melingkar menjadi komponen-komponennya: dua lingkaran kongruen dan satu lonjong. Organisasi logis dari konsep matematika yang terjadi dalam semua konteks metode matematika: idealisasi, abstraksi, deduksi, induksi dan penyederhanaan. Masalah pembentukan dan pemahaman muncul ketika siswa mengamati model matematika.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar